24 October 2017

33 Fauna Khas Provinsi di Indonesia (Part 3)

13) Jawa Barat (Macan Tutul Jawa)


Bernama latin Pamthera pardus melas atau Macan Tutul Jawa dianggap simbol kemakmuran. hal ini tidak lepas karena dahulu keberadaannya membuat sawah masyarkat bebas hama babi hutan. jadi, tidak heran jika Macan Tutul jawa ini menjadi fauna identitas Provinsi Jawa Barat. Nah sobat kicauan tahukah kamu jika macan tutul merupakan satu-satunya kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa. Namun sayangnya, fauna yang menjadi identitas Provinsi Jawa Barat ini terancam punah sobat kicauan. Alasannya tidak lain karena hilangnya habitat hutan, penangkapan liar, serta daerah dan populasi dimana hewan ini ditemukan sangat terbatas.


14) Jawa Tengah (Kepodang Emas)


Nah, kali ini kita ke Jawa Tengah nih sobat kicauan. Yuk! kenalin Burung Kepodang si pesolek cantik yang menjadi fauna identitas Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai siulan seperti bunyi alunan seruling dengan bunyi “’liiuw, klii-lii-tii-liiuw” atau “u-dli-u” selain itu tahukah kamu sobat kicauan kepodang emas ini mempunyai ocehan yang sangat keras dan nyaring ditambah dengan keunikan dimana kepodang emas juga pandai menirukan suara burung Ciblek, Prenjak, Penthet bahkan suara burung Raja Udang. Burung Ini hidup di hutan-hutan terutama di daerah tropis dan sedikit di daerah sub tropis dan biasanya hidup berpasangan.  Tahukah anda sahabat kicauan. Burung ini dipercayai masyarakat Jawa sebagai lambang keselarasan, kekompakan, dan budi pekerti. Warna bulunya yang kuning keemasan selaras dengan symbol kejayaan dan kemakmuran. Ini lah yang membuat burung emas dulunya banyak dimiliki oleh pembesar-pembesar Jawa. Jadi, gak aneh ya sobat kicauan jika Kepodang Emas itu menjadi fauna identitas dari Provinsi Jawa Tengah.


15) DI Yogyakarta (Perkutut)


Halo, sobat kicauan. Ada yang tau gak fauna identitas dari DIY? Jika belum, kenalin nih si Burung Perkutut ((Geosperlia Striata).  Menurut dengan keputusan Gubernur No.385/KPTS?1992 tentang penetapan Identitas Flora dan Fauna Daerah Provinsi DIY. Ada yang berbeda dengan fauna identitas lainnya yang dilindungi. Burung Perkutut ini belum dimasukan kedalam peraturan pemerintah No.7 tahun 1999 dan juga belum terdaftar di IUCN Res. Jadi, jika sobat kicauan bisa memelihara burung. Asal di rawat dengan baik ya hehe. Perkutut ini penyebarannya merata lho diseluruh wilayah DIY. Jadi, tidak sulit menemukannya. Menurut masyarakat Jawa burung perkutut ini di jadikan simbol status dan falsafah hidup lho! Kira-kira kenapa ya? Ternyata, alasannya karena perkutut ini tercantum sebagai salah satu lambang di ajaran  falsafah Jawa “Hastabrata”. Jadi, tidak heran jika burung perkutut di jadikan sebagai fauna Identitas DIY.


16) Jawa Timur (Ayam Bekisar)


Suara merdu dan mempunyai keindahan bulu adalah daya tarik dari fauna identitas dari Jawa Timur. Ada yang tau? Apa fauna itu? Saya perkenalkan kepada sobat kicauan nih. Dia adalah Ayam bekisar. Ayam yang hasil dari perkawina antara ayam hutan hijau jantan (Gallus varius) dan ayam kampung atau ayam buras betina (Gallus gallus domesticus). Jadi, tidak heran jika dengan keunikan dan daya tariknya ayam bekisar ini menjadi fauna identitas dari Jawa Timur. Nah, sobat kicauan burung bekisar ini merupakan hewan khas pulau Kangean, Kabupaten Sumenep. Provinsi Jawa Timur. Tetapi tahukah anda sobat kicauan? Jika ada perbedaan lho! Antara ayam bekisar dari penangkaran asli dengan yang di luar pulau Kangean. Itu bisa dilihat dari kualitas dari ayam bekisar sedangkan jika di luar pulau Kangean mengedepankan kuantitas. Sedikit informasi nih sobat kicauan. Kalau keunikan dari suara dan keindahan ini sudah lama lho dikenal ratusan tahun lalu. Terutama, dikalangan bangsawan dan raja. Jadi, tidak heran jika harga ayam bekisar ini sungguh fantastis.


17) Bali (Jalak Bali)


Jalak Bali adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang dengan panjang lebih kurang dari 25 sentimeter dari suku Sturnidae. Burung ini turut dikenali sebagai curik ketimbang Jalak. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus diantaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujungekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Bagian pipi tidak ditumbuhi bulu berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina juga memiliki ciri-ciri serupa. Burung ini juga merupakan satu-sarunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna provinsi Bali keberadaan hewan endemik ini di lindungin undang-undang. Karena penampilannya yang indah dan elok jalak bali menjadi salah satu burung yang paling diminati oleh para kolektor dan pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, serta daerah burung ini ditemukan sangat terbatas, menyebabkan populasi burung jalak cepat menyusut dan terancam punah dalam waktu singkat. Untuk mencegah hal ini sampai terjadi, sebagian besar kebun binatang di seluruh dunia menjalankan program penangkaran jalak bali.


18) Nusa Tenggara Barat (Rusa Timor)


Rusa Timor yang mempunyai nama latin Cervus timorensis merupakan salah satu rusa asli Indonesia. Hewan yang menjadi fauna identitas NTB ini pada dasarnya dilindungi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa serta masuk kedalam IUCN Red List yang menyatakan statusnya rentan terancam punah. Hal ini tidak lepas dari ancaman perburuan liar, rusaknya hutan yang merupakan habitat asli dari para rusa timor.


19) Nusa Tenggara Timur (Biawak Komodo)


Bernama latin Varanus komodoensis atau Biawak Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang menjadi salah satu keajaiban dunia ini menjadi fauna identitas  dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tapi, apa sih alasannya? Ada 3 alasan lho sobat kicauan mengapa Komodo menjadi fauna identitas Provinsi NTT. Alasan pertama, komodo adalah binatang langka khas NTT. Alasan kedua, komodo masuk kedalam salah satu keajaiban dunia (new seven wonder). Alasan ketiga, binatang komodo melambangkan kekuatan dan keperkasaan. Namun sayang, predator satu ini termasuk hewan yang dilindungi karena habitatnya di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia. Ini bisa dilihat dari komodo yang masuk daftaar IUCN dan peraturan Pemerintah Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More