17 October 2017

Fauna Yang Kaya akan Manfaat

Sahabat Kicauan pasti tahu! Jika segala sesuatu ciptaan Tuhan pasti memiliki manfaat. Begitu pula dengan fauna-fauna di dunia ini, semuanya pasti memiliki manfaat tersendiri. Yuk kita bahas beberapa satwa yang kaya akan manfaat Versi #CumaKicauan:



1. Cacing Tanah


Hewan yang termasuk ke dalam kingdom Animalia ini seringkali kita temui dan pastinya kita juga mengenal hewan ini. Bentuk cacing yang memanjang dan menggeliat dapat membuat orang jijik ketika melihatnya, apalagi untuk memakannya. Namun, tahukah sahabat kicauan? Di balik bentuknya yang menggelikan, daging cacing ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesahatan. Manfaat dan khasiatnya adalah: Mengatasi Konstipasi atau sulit BAB, Menyembuhkan Tifus, Melancarkan Sistem Peredaran Darah, Menurunkan Demam, Mempercepat Penyembuhan Luka, Menjaga Kesehatan Kulit, Mengontrol Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Meningkatkan energi, Mengatasi Diare. Meningkatkan Kejantanan, Menambah Stamina, menurunkan Kadar Kolesterol, Menambah Nafsu Makan dan Obat Herbal untuk pemulihan pasca Sakit.


2. Kambing Etawa

Kambing Etawa adalah kambing yang didatangkan dari India yang disebut kambing Jamnapari. Mempunyai ciri-ciri tinggi berkisar antara 90 cm hingga 127 cm, dan yang betina hanya mencapai 92 sentimeter. Bobot yang jantan bisa mencapai 91 kilogram, sedangkan betina hanya mencapai 63 kilogram. Telinganya panjang dan terkulai kebawah, dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Apa aja sih manfaat dari kambing Etawa? Manfaatnya banyak sekali lho sahabat kicauan terutama susu kambing Etawa diantaranya: susunya sangat baik lho untuk system pencernaan dan tubuh. Jadi buat sahabat kicauan yang bermasalah sistem pencernaan bisa di coba nih. Selanjutnya bisa sebagai Alternatif terapi pengobatan Gangguan Pernafasan, sebagai Pelengkap Asupan Nutrisi dan Gizi, menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi serta mencegah Osteoporosis, meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Vitalitas Pria dan Wanita, menjaga Kesehatan Jantung serta baik untuk Penderita Rematik dan wanita Haid, mencegah gejala Anemia dan Diabetes plus mengobati Diabetes, meningkatkan Kecerdasan Otak, menghindari Migran atau sakit kepala, dan terakhir nih dapat mencegah dan mengobati Maag dan Asam Lambung.


3. Lalat Hitam (Black Soldier Fly)

Saat ini, sampah adalah salah satu ancaman bagi masyarakat. Tak hanya buruk bagi kesehatan lingkungan, sampah juga membutuhkan lahan luas. Namun sekarang, sahabat kicauan tidak perlu khawatir, karena kini sudah ditemukan solusi alternatif untuk mengurai sampah tersebut. Kenalkan si hitam pengurai sampah organik yang tangguh. Yap! Ini adalah lalat hitam atau disebut Hermetia illucens. Lalat ini merupakan jenis serangga keluarga lalat yang jauh berbeda dengan lalat sampah (Musca Domestika) yang pada umumnya memiliki sifat yang tak dimiliki lalat lain. Mempunyai fisik yang bertubuh lebih panjang dan ramping dibandingkan lalat rumah. Tubuhnya mengilap, geraknya lambat. Dan yang lebih penting  jika di kembangbiakan khusus dan jumlahnya mendominasi, lalat lain seperti lalat hijau dan lalat sampah akan menyingkir. Masa dewasanya kurang dari 8 hari yang ditujukan mencari pasangan dan  bertelur. Tahap non makan lalat dewasa bersayap tanpa bagian mulut itulah  alasan utama mengapa lalat-lalat itu tak dikaitkan dengan penularan penyakit kepada manusia. Selain itu juga larva atau maggot dari lalat hitam dapat membunuh atau menekan populasi bakteri jahat lho! Seperti salmonella dan Coli serta yang lebih penting mampu mengolah limbah organik dengan sangat cepat. Maggot juga mengandung protein dan lemak tinggi sehingga baik digunakan sebagai pakan ungags atau ikan. Sisa kotoran maggot juga bisa dijadikan pupuk organic, padat atau cair.


4. Semut Semai atau Serangga Tomcat

Serangga yang masih dalam keluarga kumbang yang besar, terdapat variasi  besar di antara spesies ini. Ukuran berkisar antara 1 hingga 35 mm (1,5 inci) dengan sebagian besar di kisaran 2-8mm, badannya berwarna kuning gelap dibagian atas, bawah abdomen (perut) dan kepala berwarna gelap. Jika kita memandang sekilas akan menyerupai semut. Pada dasarnya Tomcat ini hidup di area hutan bakau. perkebunan dan persawahan. Sehingga petani sudah akrab dengan keberadaan serangga ini. Tahukah anda sahabat kicauan bahwa serangga tomcat ini adalah sahabat para petani karena termasuk jenis Paederus yang berguna yang berguna untuk mengusir hama wereng yang merupakan mangsa bagi serangga Tomcat.


5. Kerang Hijau

Kerang hijau atau dikenal sebgai Green Mussels adalah binatang lunak yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau.kerang hijau ini memiliki ciri-ciri anatomi dengan panjang tubuh antara 6,5-8,5 cm dan diameter sekitar 1,5 cm. Ciri khas Kerang Hijau terletak pada warna cangkangnya yang menimbulkan gradasi warna cerah cerah kehijauan. Habitat hidup Kerang Hijau pada perairan estuaru, teluk dan daerah mangrove dengan substrat pasir lumpur serta salinitas yang tidak terlalu tinggi. Kerang Hijau adalah salah satu makanan laut yang banyak ditemui sebagai hidangan makanan selain dikenal akan kelezatannya, kerang Hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan di antaranya: sebagai sumber protein, untuk kesehatan kulit dan kesehatan jantung, mengandung banyak zat besi, sumber vitamin B12, kaya akan Omega-3, Solusi untuk sakit secara keseluruan, Mengobati masalah arthritis dan masalah tulang lainnya, mengurangi derita Asma dan Bronchitis, meningkatkan system kekebalan tubuh, meningkatkan kekuatan kardiovaskular.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More