17 September 2015

7 Cara Belajar Bahasa Asing


1. Hafalkan Kosakata
Cara ini adalah yang paling dibenci orang, tapi apa boleh buat? Belajar bahasa manapun pasti prinsipnya menghafal. Tapi, ada cara supaya kamu nggak begitu membenci metode rumit bin basi yang satu ini yaitu dengan membuat daftar kategori kosakata bahasa asing yang ingin dipelajari tanpa mencantumkan artinya, cantumkan 20-50 kata jangan tanggung-tanggung kemudian hafalkan artinya, bagaimana bisa? Artinya aja nggak ada!
Jangan lupa mengkategorikan kosakata yang kamu hafalkan tadi, ya! Misalnya Keluarga, Perabotan, Cuaca, Hewan, Buah-buahan, Angka, Bulan.

Gunakan kamus atau Google Translate. Saran saya adalah jangan terlalu terpaku pada Google Translate! Carilah sumber kosakata pada website lain.
a. www.dutchgrammar.com (bahasa Belanda)
b. www.freejapaneselessons.com (bahasa Jepang)
c. www.frenchtutorial.com (bahasa Perancis)

2. Kenali Susunan Kata! (Word Order)
Setiap bahasa pasti ada yang namanya Word Order (susunan kata) untuk membuat satu kalimat bisa dimengerti. Nggak semua susunan kata itu bersahabat, ada bahasa yang punya susunan kata yang rumit! Misalnya bahasa Belanda (Dutch) yang terkenal ribet dan ruwet!
Sudah tahu susunan kata itu apa? Susunan kata itu akan terlihat seperti ini:

Saya + Minum+ Secangkir Kopi + di Pagi Hari
I + drink + a cup of coffee + in the morning

Itu adalah contoh kecil dari word order, bila kita acak kata-kata yang tersusun di atas, sudah pasti maknanya akan ancur! Kamu bisa mempertajam pemahamanmu mengenai word order dengan membaca artikel-artikel yang menggunakan bahasa sederhana, misalnya Wikipedia Simple English. Kemudian cobalah terjemahkan kata-katanya, saya menyarankan untuk menggunakan kamus! Jangan terpaku pada Google Translate ya.

Susunan kata dalam bahasa Inggris bisa kamu pelajari dalam Grammar, sedangkan untuk bahasa Belanda bisa kamu pelajari dalam kategori Nederlandse Grammatica.

3. Buatlah Kalimat Sederhana
Setelah hafal dan mengetahui susunan kata (Word order) dalam suatu bahasa, kini saatnya kamu beraksi! Buatlah kalimat-kalimat sederhana dari hasil jerih payahmu menghafal dan memahami tadi seperti Saya Makan, Saya Minum, Saya Pergi ke Jakarta, Saya Minum Air, dll. 

Sambil membuat kalimat sederhana, kamu juga harus tahu beberapa kalimat penting yang digunakan sehari-hari, misalnya: Thank you! You’re Welcome! Well Done! How are you?

4. Jangan Samakan Susunan Kata dalam Bahasa Asing dengan Bahasa Indonesia!
Bahasa Ibu kita sejak lahir adalah bahasa Indonesia, tapi ketika kamu mempelajari bahasa asing, jangan coba-coba menerjemahkannya dengan cara kaku! Contohnya yaitu:
How are you? (English)
Bagaimana adalah kamu?
Itu salah besar bung! Kamu harus meresap maknanya, jangan Cuma mengartikannya per kata. Jadinya seperti ini

How are you? (English)

“How” bermakna bagaimana, sedangkan “are you” adalah bentuk pertanyaan terhadap keadaan, rupa, maupun sifat kepada “you”. Jadi, bisa diambil kesimpulan kalimat How are you adalah “Apa kabar(mu)?”

5. Pelajari Bahasa Inggris Terlebih dahulu
Banyak sekali situs yang menggunakan bahasa Inggris. Contohnya adalah situs untuk belajar bahasa Belanda (dutchgrammar.com) juga menggunakan bahasa Inggris. Meski nggak semua bahasa asing dipelajari dari bahasa Inggris, nggak ada salahnya jika kamu belajar bahasa Inggris terlebih dahulu. Jadi kesimpulannya kalau kamu mau belajar banyak bahasa, pelajarilah bahasa Inggris dulu setelah itu kamu baru bisa belajar bahasa lainnya dengan mudah karena memiliki banyak sumber di internet.

6. Download Aplikasi/Game yang Berguna
Punya android, bukan? Download game atau aplikasi yang bisa mendukung upaya kamu dalam mempelajari bahasa asing. Berikut adalah aplikasi yang bisa mendukung kamu belajar bahasa asing:

1. Duolingo, aplikasi ini tersedia di Play Store dan termasuk Editor’s Choice. Game ini berupa trivia kuis yang membantu kamu memperdalam bahasa asing dengan metode pendengaran dan pengucapan. Mau belajar bahasa Perancis, Belanda, Italia? Kamu harus belajar bahasa Inggris terlebih dahulu karena kuis yang tersedia dalam bahasa Indonesia hanyalah bahasa Inggris.

2. Fun Easy Learn, tersedia bahasa Belanda, Russia, Inggris, dll. Aplikasi ini membantu kamu dalam menghafal kosakata.

7. Ngobrol dengan Teman yang Bisa Bahasa Asing yang Sedang Kamu Pelajari
Metode ini yang paling susah, dan yang paling ampuh tentunya. Kalau kamu punya teman dari luar negeri misalnya Jepang, Amerika, atau Inggris itu jauh lebih baik lagi. Ajak mereka berbicara bahasa yang sedang kamu pelajari, minta agar mereka memberitahumu bila terjadi kesalahan ejaan maupun kata.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More