10 November 2014

6 Fakta tentang Hachiko (Si Anjing Setia)

Berikut ini adalah “6 Fakta tentang Hachiko (Si Anjing Setia)” versi Diam Itu Berisi:



Kelahiran Hachiko
Hachiko lahir 10 November 1923 dari induk bernama Goma-go dan anjing jantan bernama Oshinai-go, namanya sewaktu kecil adalah Hachi. Pemiliknya adalah keluarga Giichi Saito dari kota Odate, prefektur Akita. Hachi di pungut oleh keluarga Ueno yang ingin memelihara anjing jenis Akita Inu. Hachi menjadi anjing pemeliharaan Profesor Hidesaburo Ueno.




Kematian Pemilik Hachiko
Pada 21 mei 1925, seusai mengikuti rapat dikampus, Profesor Ueno mendadak meninggal dunia. Hachi terus menunggui majikannya yang tak kunjung pulang, dan tidak mau makan 3 hari. Menjelang hari pemakaman Profesor Ueno, upacara tsuya (jaga malam untuk orang meninggal) dilangsungkan malam hari  25 mei 1925.hachi masih tidak mengerti Profesor Ueno sudah meninggal. Ditemani John dan S, ia pergi juga ke stasiun untuk menjemput majikannya.

Kematian Hachiko
Hachiko meninggal pada tanggal 8 Maret 1935 ketika berumur 12 tahun. Hachiko ditemukan sudah tidak bernyawa di Jembatan Inari, Sungai Shibuya. Tersebut berada di sisi lain Stasiun Shibuya. Hachiko biasanya tidak pernah pergi kesana. Berdasarkan otopsi diketahui penyebab kematiannya adalah filariasis. Upacara perpisahan dengan hachiko dihadiri orang banyak di Stasiun Shibuya. Upacara pemakan Hachiko berlangsung layaknya upacara pemakaman manusia. Hachiko dimakamkan di samping makam Profesor Ueno dipemakaman Aoyama.



Berdirinya Patung Hachiko
Pada tanggal 8 juli 1935, patung Hachiko didirikan di kota kelahiran Hachiko di Odate. Tepatnya di depan Stasiun Odate. Patung tersebut dibuat serupa dengan Patung  Hachiko di Shibuya.

Mendirikan Ulang Patung Hachiko
Pada tahun 1944, ditengah berkecamuknya perang dunia II, patung perunggu Hachiko ikut dilebur untuk keperluan perang. Patung pengganti yang sekarangberada di Shibuya adalah patung yang selesai dibulan dibuat bulan Agustus 1948. Patung tersebut merupakan karya pematung Takeshi ando, anak laki-laki Teru Ando. Sewaktu didirikannya kembali tahun 1948, patung Hachiko diletakkan di bagian tengah halaman stasiun menghadap ke utara. Namun, pada bulan Mei 1989, patung Hachiko dipindahkan ke tempatnya yang sekarang dan menghadap ke timur.

Kisah Hachiko Di Filmkan
Kisah Hachiko tidak hanya di masukan kedalam buku pendidikan moral untuk murid kelas 2 sekolah rakyat di Jepang. Tetapi, kisah hachiko juga di buat menjadi film. Film Hachiko Monogatari karya sutradara Seijiro Koyama mulai diputar di Jepang, Oktober 1987. Tak hanya itu ada juga Monumen peringatan ulang tahun Hachiko ke-80 didirikan 12 Oktober 1987 dilokasi rumah kelahiran Hachiko di Odate. Dan ada juga drama spesial tentang Hachiko pada tahun 2006 selama 2 jam di televisi Nippon Televisi dengan judul Densetsu no Akitaken Hachi. Pada tahun 2009 film Hachiko: A Dog’s Story karya sutradara Lasse Hallstrom mulai diputar dengan bintang Richard Gere dan Joan Allen.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More