03 November 2014

Sekilas Tentang Adidas™

Adi Dassler muda di pabrik sepatunya.
Hello, Variousity! Tentunya kalian tahu apa itu Adidas, bukan? Yap, sebuah perusahaan pakaian olahraga yang berada di Jerman ini didirikan oleh seorang mantan tukang sepatu bernama Adolf Dassler. Sang penemu Adidas ini mengembangkan usaha miliknya dengan mendirikan sebuah perusahaan pakaian olahraga yang menjadi terbesar kedua di dunia. Nah, hari ini tepat pada 3 November 2014 merupakan hari ulang tahunnya. Mari simak beberapa fakta menarik tentang adidas berikut ini:




1. Adidas merupakan induk perusahaan yang memiliki banyak anak perusahaan, termasuk di antaranya Reebok dan Rockport.


2. Adidas merupakan perusahaan pakaian olahraga terbesar di Eropa, dan juga terbesar kedua di dunia setelah saingannya, Nike, sebuah perusahaan pakaian olahraga di Amerika yang menjadi terbesar pertama di dunia.




3. Nama "ADIDAS" berasal dari nama penemunya, yakni Adi Dassler. Meski ada juga yang memberikan kepanjangan lain seperti All Day I Dream About Sport, dan sampai saat ini kepanjangan tersebut masih digunakan dalam pemasarannya.



4. Adolf "Adi" Dassler memiliki seorang kakak bernama Rudolf Dassler. Rudolf dan Adi awalnya mendirikan perusahaan bersama yang dinamakan Gebrüder Dassler Schuhfabrik (Dassler Brothers Shoe Factory) pada tanggal 1 Juli 1924.



5. Sekitar tahun 1930an, Adolf Dassler dan Kakaknya Rudolf Dassler bergabung dengan partai Nazi. Rudolf memilih menjadi anggota aktif di partai Nazi, sedangkan adiknya, Adi memilih untuk tetap memproduksi sepatunya untuk Wehrmacht (angkatan bersenjata) dan kemudian memilih untuk keluar dari partai Nazi. Rudolf ditangkap oleh tentara Amerika karena menjadi anggota dari pasukan pertahanan Nazi. Informasi keanggotaan Rudolf bocor ke tangan musuh, diduga dibocorkan oleh adiknya sendiri, Adi. Sejak saat itu, hubungan antara Rudolf dan Adi menjadi renggang. Pada tahun 1948, Rudolf memilih keluar dari perusahaan Gebrüder Dassler Schuhfabrik kemudian mendirikan perusahaan pakaian olahraga bernama PUMA di seberang sungai Aurach. Kedua bersaudara (Rudolf dan Adi) tidak pernah damai. Sampai pada kematian mereka, makam mereka berdua diletakkan berjauhan meski berada di pemakaman yang sama.


6. Untuk menciptakan sepatu terbaik, Adi Dassler terjun langsung ke lapangan untuk menemui para atlet dan mendengarkan  apa yang mereka keluhkan tentang sepatu mereka, melihat keadaan tanah untuk diteliti apa yang harus dikembangkan dan diciptakan agar mendukung kebutuhan sepatu para atlet.


7. Pada tahun 1973, Anak dari Adi Dassler, Horst Dassler mendirikan perusahaan perlengkapan renang yang bernama ARENA.


Robert Louis Dreyfus
8. Perusahaan Adidas berada di ambang kehancuran setelah kematian Horst Dassler, anak dari Adi Dassler pada tahun 1987. Sejak saat itu, perusahaan ini berjalan tidak tentu arah dengan prosedur dan peraturan yang semrawut dan mengalami kerugian besar pada tahun 1992. Perusahaan raksasa ini dibangkitkan kembali oleh seorang CEO baru yang bernama Robert Louis-Dreyfus, bersama rekannya Christian Tourres. Enam tahun setelah itu di masa kepengurusan mereka, Adidas berhasil hadir kembali di catur perdagangan.


9. Adidas membangun markas besarnya di Herzogenauch, yang bernama "The World of Sports". yang dulunya merupakan pangkalan tentara Amerika Serikat yang diperbarui dan dimodernisasi. Saat ini, markas besar yang menawarkan berbagai macam fasilitas tersebut merupakan rumah bagi 3000 karyawan Adidas.


10. Pada tahun 2008, pendapatan perusahaan telah mencapai 10,8 milyar Euro, dan menjadikan Adidas perusahaan pakaian olahraga kedua terbesar setelah Nike. Pada tahun yang sama, Adidas mensponsori acara Olimpiade Beijing 2008 sebanyak 70juta Euro.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More