09 November 2014

8 Fakta tentang Tembok Berlin

Tembok Bersejarah


Tembok Berlin adalah tembok barier bersejarah yang sangat erat dengan kejadian atau peristiwa yang menarik perhatian dunia yang memisahkan antara Jerman Timur dan Jerman Barat. Jerman Timur yang berideologi sosialis dan Jerman Barat yang Demokratis. Tembok ini berdiri di tengah kota Berlin dengan “ Koridor Maut” sepanjang perbatasan antara kedua negara Jerman. Tembok Berlin ini dibangun dengan tujuan untuk mengisolasi Jerman Barat dan mencegah migrasi warga Jerman Timur dan ke Jerman Barat yang keadaan perekonomiaannya lebih kondusif.

Sosialis dan Demokratis



Berbedanya ideologi antara Jerman Timur dan Jerman Barat maka terbentuklah Tembok pemisah diantara wilayah Jerman Timur dan Jerman Barat yang sering disebut dengan Tembok Berlin. Jerman Timur yang berideologi sosialis di bawah administrasi Uni Soviet dan Jerman Barat yang Demokratis dibawah kendali Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

Pembangunan Tembok Berlin



Tembok ini dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961 untuk menutup wilayah Jerman Timur dengan Jerman Barat. Tembok Berlin ini dibangun di tengah kota Berlin, dan dengan “ Koridor Maut” sepanjang perbatasan antara kedua negara Jerman.

Runtuhnya Tembok Berlin



Tembok Berlin runtuh pada tanggal 9 November 1989 tetapi saat itu tembok ini tidak langsung dihancurkan. Baru tanggal 13 Januari 1990, tembok ini resmi didihancurkan oleh militer Jerman Timur. Dengan demikian perbatasan antara Jerman Timur dan Jerman Barat sudah tidak ada dan tembok ini dihancurkan sebagai tindakan nyata dari berakhirnya perang dingin.

Potongan Tembok Berlin yang berharga
Ternyata banyak potongan-potongan tembok Berlin yang dijual. Sekitar 2 juta mark Jerman (sekitar 1 juta dolar Amerika Serikat) berhasil di raup oleh pemerintahan dari hasil penjualan potongan-potongan tembok berlin tersebut.
Mendirikan Ulang Tembok Berlin



Menurut kabar yang ada belakangan ini, pemerintahaan setempat justru mendirikan ulang tembok di beberapa tempat. Menariknya, bahan yang digunakan diambil dari potongan dinding berlin yang asli. Beberapa potongan berhasil didapatkan dari kolektor pribadi yang dihargai 1.000 euro perpotongnya.

Tempat Wisata



Lokasi dinding atau Tembok Berlin ini tentu menjadi magnet wisata yang kuat. Sekitar 9,1 juta pengunjung hotel tercatat menginap di kota ini setiap tahunnya. Berlin sendiri berada di posisi ketiga dalam destinasi yang paling banyak dikunjungi di kawasan Uni Eropa.

Perayaan Runtuhnya Tembok berlin
Perayaan ini dirayakan setiap tanggal 9 November untuk mengenang kembali peristiwa yang merupakan bagian dari perang dingin yang kelam.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan komentar dan beri masukan yang positif. Terima kasih.

Twitter Facebook Favorites More